Jamasan, Pemandian Pusaka Untuk Kelestarian

by frezzia

Reporter: Revita Rita Ran

Serpong, Tangerang – Jawa Tengah merupakan salah satu daerah dengan unsur adat budaya dan kepercayaan yang kental. Di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, terdapat upacara Jamasan, yaitu pemandian pusaka kerajaan. Pusaka kerajaan tersebut berupa dua buah keris dan sebuah tombak milik Raden mas Said atau Mangkunegara I.

Ketiga pusaka ditempatkan dalam sebuah kota yang berada di puncak tugu setinggi 6 meter.Tugu tersebut berdiri di Barat kantor kecamatan Selogiri. Masyarakat Selogiri meyakini, ketiga pusaka yang digunakan Mangkunegara 1 sebagai senjata pengusir pasukan Belanda itu memiliki “penjaga”. Mereka percaya kekuatan gaib yang menjaga benda-benda pusaka tersebut, akan membawa keberkahan apabila dirawat dengan baik.
Sebagaimana upacara adat pada umumnya, Upacara Jasaman dilakukan secara bertahap. Dimulai dengan pengambilan pusaka dari puncak tugu, dilanjutkan dengan prosesi Tirakatan, lalu prosesi arak-arakan, dan ditutup dengan prosesi pemandian atau jamasan pusaka.

Prosesi pengambilan pusakan disertai dengan pembakaran kemenyan dan peletakan sesajen yang berupa: gecok pecel itik, jenang putih, jenang abang, jenang boro-boro, pisang, nasi putih, suruh, rempeyek, tinto, dan tempe goreng berbentuk kecil-kecil.

Prosesi Tirakatan berlangsung di pendopo Kecamatan Selogiri. Untuk prosesi arak-arakan atau kirab dimulai dari pendopo Kecamatan Selogiri menuju kantor Kabupaten Wonogiri dan dilanjutkan lagi ke Kodim Wonogiri. Sedangkan, untuk prosesi pencucian atau jamasan pusaka Mangkunegara I dilakukan di Waduk Gadjah Mungkur.

Upacara ini dilakukan setiap satu tahun sekali dengan tujuan untuk mendapatkan keselamatan, perlindungan dan ketenteraman. Selain itu, masyarakat Selogiri menganggap pusaka ini sebagai benda bersejarah yang harus di dilestarikan.

Editor: Ernest

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: