Upacara “Using” Masyarakat Using

by stefanyovita

Reporter : Anastasia Hilda

Upacara Using merupakan upacara tradisional yang digunakan masyarakat di Dusun Krajan, Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh. Upacara tersebut dinamakan upacara “ kebo-keboan”. Ritual ini dilakukan secara rutin setiap satu tahun sekali.

Upacara tradisonal diadakan dalam rangka menjaga kesuburan tanah, panen melimpah, serta tanaman dan petaninya terhindar dari malapetaka. Upacara ini dilakukan sejak timbulnya hama tanaman yang sangat merugikan bagi petani Using. Guna menyiasati hal tersebut, Buyut Karti, tokoh masyarakat setempat mengadakan ritual dengan cara menirukan perilaku kerbau yang membajak sawah.

Upacara ini dilakukan setiap hari minggu (antara tanggal satu sampai tanggal sepuluh) pada bulan Sura. Satu minggu menjelang upacara, warga Using bergotong-royong membersihkan lingkungan sekitar. Satu hari menjelang upacara, para ibu menyiapkan sesajen untuk acara selamatan dan ditempatkan di setiap perempatan jalan di Dusun Krajan.

Permainan yang dilakukan dalam upacara ini membutuhkan seorang pawing perangkat dusun, dua pasang kebo-keboan (setiap kebo berjumlah dua orang), para pembawa sesajen, pemain musik hadrah, pemain barongan dan warga Dusun Krajan. Semuanya melakukan pawai “ ider bumi” mengelilingi dusun menuju bendungan. Sesampainya di sana, jagatirta, petugas pengatur air, akan membuka bendungan sehingga air akan mengalir sepanjang jalan yang telah ditanami palawija.

Benih padi yang baru ditanam akan diperebutkan oleh peserta lain. Hal ini dipercaya dapat menolak bala, mendatangkan keberuntungan, dan membawa berkah. Sementara peserta berebut benih padi, kebo-keboan tidak tinggal diam melainkan mengejar peserta yang dianggap sebagai pengganggu. Dalam menjalankan upacara ini, kebo-keboan bukan dalam keadaan sadar melainkan trance (bersangkutan dengan ritual/ magis). Hal ini tidak akan melukai pemain karena pawang akan segera menyadarkan pemain dengan “pitung tawar”.

Editor : Stephanie Yovita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: