Memanggil Roh Dengan Tarian Tor-tor

by frezzia

Reporter: Prisca Triferna

Serpong, Tangerang – Suara gendang, seruling, dan terompet batak sambut menyambut terdengar kencang memeriahkan pesta adat Batak. Barisan pria dan wanita berbaris menari. Tangan-tangan mereka teracung ke atas, senyum terkembang cerah, ulos mereka yang bewarna terang seakan turut menambah kecerian suasana. Para pria dan wanita tersebut bukan menari tanpa alasan, mereka sedang melakukan tarian Tor-tor, sebuah tari tradisional yang datang dari kebudayaan Batak.

Tarian Tor-tor, yang juga menjadi nama dari website kita tercinta, adalah tarian tradisional yang berhubungan erat dengan ritual kepercayaan roh dalam suku Batak. Menurut kepercayaan, roh-roh tersebut dipanggil melalui tarian Tor-tor untuk “masuk” ke dalam patung batu, yang merupakan simbol leluhur. Dimana kemudian patung tersebut akan menari kaku menggunakan tangan dan kaki mereka yang berjinjit.

Tarian Tor-tor sendiri mempunyai banyak jenis. Ada Tor-tor Pagurason yang merupakan tarian pembersihan. Tari ini biasanya digelar pada saat pesta besar. Dimana hal ini bertujuan untuk membersihkan tempat dan lokasi pesta sebelum pesta dimulai agar jauh dari mara bahaya dengan menggunakan jeruk purut. Terdapat juga Tor-tor Sipitu Cawan, tarian ini dilakukan untuk mengukuhkan seorang raja Batak. Tarian ini dipercaya berdasarkan lagenda Raja Batorusan yang melihat 7 bidadari mandi di telaga puncak, gunung Pusuk Buhit. Raja Batorusan mempersunting salah satu bidadari tersebut dan mendapatkan Piso Sipitu Sasarung yang menjadi salah satu lambang Siraja Batak yang baru.

Banyak lagi jenis tarian Tor-tor dan berhubungan erat dengan penolakan bala, kesuburan, dan untuk mencari solusi dari musibah yang menimpa suatu desa. Namun, dalam perkembangannya kini tarian Tor-tor lebih banyak digunakan dalam hiburan turis, penyambutan tamu, dan tradisi dalam acara perkawinan dengan adat Batak.

Editor: Desi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: