Kantung Semar Pembungkus Beras Ketan

by rizkyfitria

Reporter: Rizky Fitria

 

 

 

 

 

 

 

 

SERPONG, TANGERANG – Ada yang unik dari wadah pembungkus beras ketan yang dibuat oleh Masyarakat di Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Mereka memanfaatkan kantung semar sebagai wadah pembungkus makanan tradisional tersebut.

Kue tradisional ini biasanya menjadi kue dalam berbuka puasa. Pembuatan kue ketan menggunakan kantung semar ini dilakukan dengan cara mencuci bersih kantung semar. Biarkan tangkai kantung semar tetap menempel. Sebab kantong akan bocor, jika tangkainya dibuang.

Selanjutnya, masukan adonan kue ke dalam kantung semar yang sudah dicuci bersih. Ada dua macam adonan kue, yaitu adonan berisikan beras ketan putih dengan inti kelapa muda dan gula enau atau adonan berbahan campuran tepung beras, santan, dan gula.

Kukus kue hingga matang. Kue yang sudah matang akan tampak terlihat dari tepung yang tidak lagi lengket.

Kantung semar atau “periuk kera” tumbuh subur di hutan atau kebun karet. Selama ini banyak orang mengenalnya hanya sebagai tanaman hias.

Kantung semar hidup dengan cara menjebak mangsanya. Mangsa akan mati saat masuk ke dalam kantung. Katup akan segera menutup dan mangsa tenggelam ke dalam kantung yang berisi air.

Editor: Prisca Triferna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: