Sensasi Burger Di Dalam Batok Kelapa

by catarinadesi

Repoter: Desi

 

 

 

 

 

 

 

 

SERPONG, TANGERANG – Pernah mencoba batok kelapa sebagai hidangan makan siang? Pasti belum pernah! Tentu saja yang dimakan bukan batok kelapanya. Namun, hidangan lezat yang ada di dalam batok kelapa tersebut.

Apa ya kira-kira yang ada di dalam batok tersebut? Ternyata telah disajikan sebuah hidangan yang sangat gurih dan menggiurkan yaitu burger. Ya… sebuah burger khas buatan Indonesia. Burger yang dibuat khusus dan diletakan ke dalam batok kelapa sebagai ciri khas dari makanan ini.

Anda dapat menemukan Burger Batok di Jalan Raya Kalimalang ke arah Bekasi, persis di sisi Polsek Duren Sawit, Jakarta Timur, Anda akan melihat kumpulan warung makan dalam sebuah areal. Warung Taman namanya. Salah satu warung di sudut belakang areal itu adalah Burger Batok.

Dalam pembuatannya daging sapi di panggang terlebih dahulu hingga matang. Sementara roti diolesi dengan saos sambal dan mayonais. Sementara untuk sayurannya, dimasukkan irisan bunga kol, dan mentimun. Setelah dikemas, burger lalu dimasukkan dalam batok kelapa dan dipanggang dalam oven selama dua menit. Kemudian batok kelapa pun siap disantap!

Beberapa penikmat burger ini berpendapat rasa dari burger ini lebih gurih dan lebih lezat dibandingkan burger lainnya. Burger yang dipanggang di dalam batok kelapa membuat daging lebih matang dan lebih beraroma.

Selain menyediakan burger, warung ini juga menyediakan makanan lain dengan nama-nama yang unik pula. Seperti Nasi Goreng Rakyat yaitu nasi goreng kampung biasa bertabur kol dan sayur. Kemudian ada Mie Panas Ningrat, disebut ningrat karena mie godok ini disajikan di atas hotplate.

Eits, ini baru makanan. Bagaimana dengan minumannya? Tentu saja unik dan khas pula. Ada Teh Mbaurekso, teh poci biasa, tapi pembeli bebas mengisi air panas dari teko yang tersedia bila air teh pada poci gerabah sudah habis. Kopi kuwalat, disebut kuwalat karena gelasnya dibalik. Bibir gelas ada di dasar piring dengan sedotan menyembul untuk menyeruput kopi. Tradisi minum kopi dengan cara ini biasa ditemukan di daerah Sumatera. Satu lagi yang khas yaitu Kopi Joss. Minuman ini populer di Jogya. Kopi panas disajikan dengan arang membara yang dimasukkan ke dalam gelas berisi kopi.

Nah, ternyata Indonesia juga mampu kan memodifikasi makanan menjadi lebih menarik! Selamat mencoba!

Editor: Prisca Triferna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: