Gypsy, Kolaborasi Musik Etnik

by leprechaunnotes

Reporter : Anastasia Hilda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tahun 1966 Kenaan Nasution membentuk suatu grup musik di Indonesia dengan nama Sabda Nada bersama dengan saudara-saudaranya. Enam tahun kemudian, setelah kembali dari Amerika grup musik ini telah berganti nama menjadi grup Gypsy. Kemudian mereka berkolaborasi dengan Guruh Soekarnoputra menghasilkan suatu album tunggal yang dikenal dengan ‘Guruh Gypsy’, konsep oleh Kenaan dan Guruh.

Kolaborasi ini terbentuk hasil dari keahlian Guruh Soekarnoputra dalam mengkombinasikan musik etnik daerah-daerah terutama daerah Bali dan musik-musik barat. Dalam prosesnya pembuatan album ini memakan waktu yang tidak sebentar, proses rekaman saja sampai dengan 16 bulan lamanya.  Pada saat itu, hanya ada satu studio musik yang memadai kelengkapannya untuk album ini yaitu studio Tri Angkasa.

Musiknya terdiri dari Kenaan Nasution (drum), Odink Nasution (gitar), Abadi Soesman (keyboard), Roni Harahap (piano/organ), dan Chrisye (vocal). Rekaman ini memakan waktu total 52 hari. Dimulai pada bulan Juli 1975 dan selesai pada November 1976. Kesulitan yang dihadapi adalah lamanya durasi musik dan banyaknya orang yang terlibat dalam proses rekaman. Dalam studio Tri Angkasa tersebut dimasuki tidak hanya oleh para anggota grup musik Gypsy dan Guruh, melainkan beserta dengan pemain violin (Sudarmadi Bambang Purwardi), kontra bass (Amin Katamsi), flute (Suparlan), klarinet/hobo (Yudianto), dan sekelompok musisi Bali. Sebagai tambahan hadirnya Rugun dan Bornok Hatauruk  sebagai penyanyi latar.

Penggabungan yang tidak biasa antara musik gamelan Bali dengan musik barat tidak mudah dilakukan, banyak perbedaan nada dan jenis suara yang harus diselaraskan. Dalam mewujudkannya, Guruh Soekarnoputra menghabiskan banyak waktunya diluar studio untuk mempelajari ragam musik barat. Beliau berusaha menemukan harmoni terbaik yang dapat menggabungkan symphonic progressive rock dengan musik tradisional gamelan Bali.

Editor : Stephanie Yovita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: