Pelopor Indorock Indonesia

by efraimtw

Reporter : Efraim Tirto

The Tielman Brothers. Siapa mereka? Ketika mendengar nama tersebut mungkin kita mengira bahwa mereka adalah sebuah band luar negeri. Namun siapa sangka ternyata mereka adalah band Indonesia, tanah air tercinta.

Musik yang beraliran rock n roll ini sering disebut oleh orang Belanda dengan sebutan Indo Rock, yang merupakan perpaduan antara musik barat dan Indonesia.

The Tielman Brothers merupakan band Indo-Belanda pertama yang berhasil menembus pasar musik Eropa pada tahun 1950-an. Grup musik ini merupakan perintis rock n roll di Belanda, bahkan di Eropa jauh sebelum The Beatles ataupun The Rolling Stones. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa band ini lebih dikenal oleh masyarakat luar daripada di tanah airnya sendiri.

The Tielman Brothers merupakan sekelompok grup musik yang digawangi oleh kakak beradik. Mereka berasal dari Indonesia serta atraktif dalam membawakan lagu, permainan aksi gitar yang dimainkan menggunakan baik gigi maupun di belakang kepala. Susunan formasi dengan Andy Tielman (Vokal, Gitar), Reggy Tielman (Gitar, Banjo, Vokal), Ponthon Tielman (Contrabass, Vokal), Loulou Tielman (Drum, Vokal),dan Jane Tielman (Vokal), grup ini dipercaya memberikan pengaruh yang besar terhadap The Beatles.

Pengaruh Andy Tielman dan The Tielman Brothers ternyata tak hanya sebatas itu. Inovasinya bagi perkembangan gitar listrik juga cukup diakui dunia. Seperti ditulis oleh seorang peneliti asal Belanda, Cees Bakker:

“Pada tahun 1961 Andy Tielman dan gitaris lainnya di band (The Tielman Brothers) menukar gitar mereka dari Gibson Les Paul menjadi Olympic White Jazzmasters, diduga karena ia merasa terlalu berat menyandang gitar Les Paul. Ternyata Andy mendapati sound gitar barunya terlalu tipis, ia pun memutuskan untuk memodifikasi sendiri gitar Jazz masternya menjadi bersenar 10…. Ketika Andy berhasil mendapatkan sound baru dari gitarnya semua orang pun penasaran. Untuk beberapa saat saat manggung ia sempat menutupi kepala gitarnya dengan handuk. Hal ini tidak bertahan lama, penemuannya ini kemudian diikuti oleh band-band lainnya. Perusahaan gitar Fender bahkan sempat mengirimkan seorang perwakilan mereka untuk melihat gitar unik Jazzmaster 10 senar milik Andy namun agaknya mereka tidak mencapai kesepakatan kerjasama.”

Editor : Stephanie Yovita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: