Mengenal Budaya Betawi Melalui “Palang Pintu”

by stefanyovita

Repoter : Stephanie Yovita

Festival Palang Pintu yang diadakan di Kemang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan ini mengangkat tema tentang “ Festival Palang Pintu Enam dan Gelar Budaya 2011”.Acara rutin tahunan yang dibuka Gubernur DKI Fauzi Bowo pada Sabtu kemarin ini, sore tadi ditutup presenter kawakan yang juga bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Tantowi Yahya. Dalam sambutannya, Tantowi berharap event tersebut kelak menjadi event bertaraf internasional.

Menurut Tantowi, festival ini menjadi bukti nyata bahwa masyarakat dan budaya Betawi merupakan etnis yang amat terbuka, religious dan egaliter. Betawi merupakan masyarakat yang mampu menerima masyarakat yan dating dari kultur manapun.

Festival Palang Pintu dinilai sebagai bentuk komitmen yang tinggi dari pemuda betawi untuk menjunjung tinggi warisan dan nilai-nilai kebudayaan Betawi. Karenanya, acara tersebut patut diberi apresiasi tinggi.

Tantowi mengaku bahwa ia akan meningkatkan festival Palang Pintu ini jika ia dipercaya dan diberi kesempatan untuk memegang Jakarta tahun depan. Selain itu, festival Palang Pintu ini bisa menjadi ajang silahturahmi bagi masyarakat dan juga dapat menjadi media pembelajaran mengenai adat Betawi dan mendapat banyak inspirasi dari tokoh Betawi seperti Benyamin Sueb, Haji Bokir, dan lainnya.

Editor : Efraim Tirto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: