Pengobatan Kopi Cacing

by rizkyfitria

Reporter: Rizky Fitria

SERPONG, TANGERANG – Warung kopi milik Kamari alias Pak Brewok banyak dikunjungi masyarakat kota Lamongan, Jawa Timur. Terletak di Jalan Pahlawan, warung ini menjual kopi cacing yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Ide menjual kopi cacing dimulai dengan mengamati itik dan ayam di sekitarnya. Itik lebih sering memakan cacing. Hasilnya, ayam lebih rentan terkena penyakit dibanding itik.

Hasil pengamatan tersebut juga ia praktekkan pada dirinya sendiri. Ia sering mengonsumsi cacing mentah dan hasilnya ia merasa daya tahan tubuhnya bertambah.

Bahan baku cacing diperoleh Pak Brewok dari sekitar pekarangan rumahnya. Cacing pun dicuci bersih untuk kemudian dipanggang di atas kompor hingga gosong. Cacing yang sudah gosong, lalu ditumbuk hingga halus sebagai campuran kopi.

Para pelanggan warung Pak Brewok menyakini kopi cacing berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti typus, maag, dan penurun panas. Warung kopi Pak Brewok buka dari pagi hingga sore hari. Segelas kopi cacing dipatok harga Rp3.000.

editor: Prisca Triferna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: