Indahnya Berbagi Dalam Wewehan

by ernesteven

reporter: Revita Rita Rani


Serpong, Tangerang-Saling bertukar makanan dalam tradisi Wewehan, bukan berarti Barter. Dalam wewehan penukaran makanan tidak didasarkan atas selera penukarnya tapi keiklasan dalam memberi. Di Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, Wewehan di laksanakan sebagai perayaan menjelang hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Setiap satu tahun sekali, pada hari Jumat sebulan sebelum hari Maulid Nabi Muhammad SAW, para anak kecil di Kaliwungu akan sibuk mendatangi rumah-rumah warga untuk bertukar makanan.

Setiap rumah akan membuat berbagai makanan tradisional yang nantinya akan dijadikan bahan pertukaran. Tugas menukarkan makanan akan diberikan kepada anak-anak kecil. Jika ada keluarga yang tidak memiliki anak kecil, mereka hanya akan menunggu anak-anak mendatangi rumah.

Prosesi wewehan, akan dimeriahkan dengan “teng-tengan”. Teng-tengan adalah sejenis lampion yang bentuknya beraneka ragam, ada bintang, kapal laut, kapal terbang, petromax, dan lain sebagainya. Lampion-;ampion tersebut akan di gantung di sekeliling rumah. Membuatnya menjadi tampak semarak.

Untuk anak-anak kecil, akan dibuatkan aneka mobil-mobilan yang di gunakan sebagai angkutan makanan mereka, biasanya di buat dari pelepah Sagu (mbulung) yang di rakit berbentuk mobil. Bentuk yang umumnya dibuat adalah mobil truk agar baknya dapat diisi makanan.

Kaliwangu yang dikenal sebagai Kota Santri ini masih menjaga tradisi Wewehan hingga kini. Dalam kegiatan wewehan terkandung makna yang begitu dalam tentang pentingnya berbagi pada sesama. Pengetahuan untuk berbagi sejak dini akan membekas pada setiap anak yang mengikuti acara tersebut. Sehingga, kelak pada saat dia dewasa akan menjadi orang yang dermawan dan mau menolong sesama (Rev).

Editor: Ernest Steven Argado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: