Robo-Robo, Aset Wisata Budaya Mempawah

by ernesteven

Reporter: Revita Rita Rani

Serpong, Tangerang – Pontianak, sebagai kota terbesar di provinsi Kalimantan Barat, kota ini memiliki berbagai tujuan pariwisata yang berpotensi tinggi. Dengan Mempawah sebagai ibukota provinsinya, Pontianak juga terkenal sebagai Kota Katulistiwa dan juga dilalui Sungai Kapuas sebagai sungai terpanjang di Indonesia.

Pontianak juga terkenal dengan kekayaan kulinernya. Namun di Mempawah, terdapat sebuah aset wisata budaya yang telah menjadi salah satu kalender wisata nasional. Perayaan Robo-Robo (yang kadang dieja Robok-Robok), adalah adat masyarakat Mempawah yang saat ini tidak hanya dikenal oleh turis domestik namun juga turis-turis asing.

Perayaan ini digelar setiap hari Rabu di minggu terakhir bulan Safar menurut penanggalan Hijiriah, maka dari itu dinamakan Robo-Robo. Biasanya ritual ini dimulai selepas shalat Zuhur, dan bagi masyarakat Kota Mempawah, bulan Safar dianggap sebagai “bulan keberkahan” dan kedatangannya senantiasa dinanti-nantikan.

Perayaan Robo-Robo ini merupakan napak tilas kedatangan Ompu Daeng Menambon dari Kerajaan Matan ke Kerajaan Mempawah yang konon menggunakan 40 perahu Bidar. Perayaan ini menjadi penting karena kedatangan Ompu Daeng Menambon menjadi cikal-bakal masuk dan berkembangnya Islam ke Kota Mempawah. Puncak dari islamisasi pun terjadi saat adanya peralihan di Kerajaan Mempawah yang semula beragama Hindu menjadi kerjaan bercorak Islam. Pada bulan Safar tahun 1148 Hijiriah itulah, masyarakat Mempawah kedatangan rombongan tersebut.

Sesampainya di Kuala Mempawah, Ompu Daeng Manambon yang merupakan keturunan dari Kerajaan Luwu Sulawesi Selatan, berdoa bersama dengan warga yang menyambutnya, mohon keselamatan kepada Allah agar dijauhkan dari bala dan petaka. Usai melakukan doa, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Prosesi itulah yang kemudian dijadikan sebagai awal digelarnya hari Robo-robo, dengan melakukan makan di luar rumah bersama sanak saudara dan tetangga.

Salah satu kegiatan dalam rentetan ritual Robo-robo adalah Makan Sapraha. Yaitu, makan bersama-sama di halaman depan Istana Amantubillah menggunakan baki atau talam. Setiap baki/talam (saprah) yang berisi nasi dan lauk biasanya diperuntukan bagi empat atau lima orang. Setiap elemen masyarakat boleh bergabung di dalamnya. Pada saat makan, tidak lagi dipersoalkan status, agama, dan asal-usul seseorang.
Dalam Makan Sapraha, disediakan masakan khas istana dan daerah setempat, seperti lauk opor ayam putih, sambal serai udang, selada timun, ikan masak asam pedas, dan sop ayam putih. Sebagai penganan pencuci mulut disuguhkan kue sangon, kue jorong, bingke ubi, putuh buloh, dan pisang raja. Sementara untuk minumnya, disediakan air serbat yang berkhasiat memulihkan stamina.

Sebelumnya, dilakukan Ritual Buang-buang, yaitu melempar sesajen ke Sungai Mempawah, disertai dengan pengumandangan azan dan pembacaan doa yang dilakukan oleh Pemangku Adat Istana. Sesajen terdiri dari beras kuning, bertih, dan setanggi. Ritual yang melambangkan kemakmuran, kesejahtaeraan, dan keberkahan ini dilakukan sebagai wujud penghormatan dan pengakuan terhadap keberadaan sungai dan laut sebagai salah satu sumber penghidupan masyarakat, sera keinginan untuk hidup selaras dengan alam sekitar.

Untuk memeriahkan Ritual Robo-robo, biasanya ditampilkan aneka hiburan tradisional masyarakat setempat, seperti tundang (pantun berdendang), japin, dan lomba perahu bidar.

Lokasi prosesi Ritual Robo-robo tersebar di beberapa tempat di Kota Mempawah, seperti di muara Sungai Mempawah di Desa Kuala Mempawah, Istana Amantubillah dan Kompleks Pemakaman Sultan-sultan Mempawah di Kelurahan Pulau Pedalaman, serta Makam Ompu Daeng Menambon di Sebukit Rama, Kabupaten Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Tidak ada pungutan biaya bagi wisatawan yang ingin menyaksikan kebudayaan ini.

Editor: Ernest Steven

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: