Adrian Adioetomo, Maestro Delta Blues Indonesia

by efraimtw

Reporter : Efraim Tirto

Musik Blues dalam sejarahnya berasal dari orang-orang Negro-Amerika yang notabene musiknya menceritakan kondisi sosial mereka. Nama yang biasa dikenal sebagai “kakek” dari musik Blues ialah Robert Johnson dan Son House. Pengaruh mereka cukup besar dalam perkembangan genre musik blues.

Adrian Adioetomo, merupakan salah satu gitaris yang cukup dikenal di Indonesia. Segala macam jenis musik telah ia lakoni seperti genre punk rock dan metal. Namun gitaris yang berkacamata ini sedang mencoba bermain dengan genre musik Blues, terutama musik-musik blues dengan irama kontemporer yang merupakan awal dari perjalanan musik blues itu sendiri.

Ciri khas Blues kontemporer adalah dengan menggunakan gitar resonan dan dimainkan dengan bottleneck untuk menjadi iringan dalam menyanyikan lirik lagu. Permainan solo dari musik ini menjadikannya terasa unik didengar. Hal ini dirasakan Adrian bahwa musik jenis ini mempunyai keunikan sendiri dibanding dengan jenis musik lainnya, irama-irama minor pentatonik yang dimainkan terasa sendu dan kelam.

Adrian Oetomo menjadi salah satu pembawa trend Delta Blues di Indonesia. Salah satu lagu andalan Adrian berjudul “Telegram”. Lagu ini cukup unik. Pemakaian bahasa Indonesia tetap membuat lirik lagu lucu dan bercerita. Adrian memasukan unsur funk dalam lagu ini, membuat irama dalam lagu ini terkesan nge-beat sesuai dengan ciri khasnya. Untuk tetap menjaga tempo, Adrian menggunakan “dingklik” yang dihentakan menggunakan kakinya.

Editor : Stephanie Yovita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: