Mirror Never Lies

by ernesteven

Reporter: Arfianto Suryo Nugroho

Keindahan laut Wakatobi dan Suku Bajo, suku pesisir pantai Wakatobi,direkam dan ditampilkan dalam sebuah film drama berjudul Mirror Never Lies. Ceritanya mengenai seorang gadis bernama Pakis (Gita Lovalista) yang berusaha mencari keberadaan ayahnya yang hilang di Laut Wakatobi. Suku Bajo terkenal sebagai suku para pelaut handal dan mengabdikan seluruh kehidupannya di lautan.

Dalam ritual adat suku Bajo,mereka percaya dengan cermin. Maka Pakis pun memakai cermin, sambil terus berharap bayangan ayahnya muncul di cermin. Namun harapannya tak kunjung terlihat.

Ibu Pakis, Tayung, (Atiqah Hasiholan) telah mengetahui kebenarannya. Ia pun berusaha menghancurkan harapan Pakis, mencoba menutupi kejadian sebenarnya.Usaha penyangkalan ini memaksa Tayung melakukan tradisi lain di suku Bajo, dengan memakai bedak putih menutupi wajahnya. Meski begitu,namun harapan Pakis tetap besar. Ia terus mencari ayahnya di Laut Wakatobi bersama sahabatnya, Lumo (Eko).

Suatu hari, datanglah Tudo (Reza Rahadian) kesana. Ia adalah seorang peneliti lumba-lumba. Kehadiran Tudo dalam kehidupan Pakis dan Tayung membuat persoalan dan konflik keduanya menjadi semakin pelik. Karakter-karakter ini kemudian saling berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari dan masing-masing memiliki penafsiran yang berbeda tentang laut.

Film ini sangat menggugah hati untuk mengunjungi Wakatobi, menikmati keindahan laut Wakatobi dan menyelami kebudayaan suku Bajo yang tinggal disana. Seharusnya pemerintah turut mendukung film ini, karena menonjolkan keindahan pesona Indonesia serta mengupas kebudayaan bangsa. Tidak melulu film yang bergenre horor seks.

Editor: Ernest Steven

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: