Warungnya Maniak Sambal

by ernesteven

Reporter: Arfianto Suryo Nugroho

Sebuah restoran biasanya memiliki sajian istimewa berupa lauk ataupun sayurnya. Tetapi di Warung Spesial Sambal (SS) ini sungguh unik. Sesuai dengan namanya, sajian utama di restoran ini adalah sambal.

Di dalam menu, terdapat 24 jenis sambal d

engan julukan gaulnya masing-masing. Sambal belut misalnya, dijuluki sambal smackdown. Maksudnya belut yang dipelesetkan menjadi gelut yang dalam bahasa Jawa artinya berkelahi, lantas diutak-atik dan jadilah smackdown.

Semua sambal dibuat sesuai pesanan sesaat sebelum disajikan sehingga membuat para tamu penasaran untuk mencicipi semua menu sambal. Ada sambal terong yang berwarna merah merona, sambal bawang yang cocok untuk teman makan tahu goreng, sampai sambal gobal gabul yang merupakan campuran sambal terasi ijo dan sambal kecap. Ada juga sambal rempelo ati, sambal jamur, sambal lombok ijo, sambal tempe,dan sambal wader.

Harga sambal disini “cuma” Rp2000,00 – Rp5000,00. Makan di sini hanya dengan sambal sebenarnya juga cukup karena sambalnya “ngelawuhi”, artinya seperti lauk. Tetapi SS juga menyediakan lauk asli, seperti ayam goreng-bakar, lele, nila, empal, sampai lalapan dan plecing kangkung. Walaupun namanya spesial sambal, anda tak perlu takut kepedesan. SS bisa memberi rasa pedas sesuai dengan keinginan. Pada dinding warung terpajang tulisan: Warung siap menerima keluhan untuk rasa sambal, misalnya keasinan atau kepedasan. Sambal pengganti pun siap disuguhkan.

Teman saya As Safa sama sekali tidak suka makan pedas. Pertama kali makan di SS, ia hanya makan lauk, tidak berani mencocol sambalnya. Tetapi sekarang ia jadi maniak sambal wader, walaupun sewaktu makan sekujur tubuhnya basah karena keringat akibat kepedasan.

Lain lagi dengan Amel dan Prisca. Kedua mahasiswi ini selalu menyempatkan waktu seminggu sekali untuk makan di SS. “Soalnya rasanya unik,sesuai dengan nama restonya.Pedasnya juga bisa disesuaikan dengan selera kita,” kata Prisca. “Untuk menu favorit sih jamur goreng,” ujar Amel menambahkan.

Editor: Ernest Steven Argado

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: