Warisan Khasanah Emas Indonesia Di Museum Nasional

by rizkyfitria

Reporter  : Rizky Fitria

Serpong, Tangerang – Museum Nasional Jakarta menyimpan berbagai peninggalan sejarah Indonesia. Salah satu peninggalan paling istimewa adalah sejumlah emas yang terpajang rapi dalam ruang khasanah emas di lantai empat gedung tersebut.

Pemberian nama “khasanah” sendiri disesuaikan dengan nilai bahan, bentuk, dan fungsi dari bendanya. Emas merupakan bahan logam mulia yang tahan terhadap korosi dan sebagian besar bahan kimia tidak dapat mempengaruhinya.

Hasil penemuan emas para arkeolog yang dipajang di ruang khasanah emas ini kebanyakan berasal dari masa Hindu Budha, pada abad ke-8 Masehi hingga abad ke-15 Masehi. Desa Wonoboyo, Klaten, Jawa Tengah dan desa Muteran, Mojokerto, Jawa Timur menjadi tempat asal penemuan yang paling menakjubkan. Hal tersebut dimungkinkan karena pada masa itu banyak pedagang dari Arab, Cina, dan Semenanjung Malaka datang membawa emas.

Penemuan emas di Wonoboyo menghasilkan setidaknya ada 35 kg emas, termasuk 6396 keping emas “piloncito” (koin pada masa Majapahit, abad 11 – 13 masehi) dan 600 keping mata uang perak. Kesemuanya tersimpan dalam empat buah guci Cina berwarna olive green yang berasal dari masa Dinasti Tang (618-907 M) dan boks bundar besar terbuat dari perunggu di kedalaman kurang lebih 2,7 meter.

Beberapa emas lainnya berbentuk sebagai perhiasan, peralatan upacara, dan bagian dari keris. Salah satu bentuk perhiasan yang terkenal di masa itu adalah hiasan dada. Bentuknya seperti bulan sabit dengan dipenuhi motif floral. Dilihat dari bentuk, diperkirakan perhiasan ini dipakai oleh kaum laki-laki sebagai hiasan dada.

Terdapat pula perhiasan yang digunakan sebagai kelat bahu dengan motif seperti susunan mutiara dengan berbentuk ceplok bunga, sulur-suluran, dan manik-manik halus. Bentuk sulur-suluran menggambarkan alam pulau Jawa yang subur.

Editor: Prisca Triferna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: