Snack Tanah Liat Ala Tuban

by ernesteven

Reporter:Ernest Steven

Serpong, Tangerang – Pernahkah anda memakan tanah liat? Ya, mungkin pernah dalam mimpi anda tak sengaja memakannya. Namun di Tuban, Jawa Timur, tanah liat telah menjadi makanan tradisional.

Warga Tuban memakan tanah liat panggang ini tak berbeda saat kita sedang memakan stik coklat.  Makanan yang diberi nama ”Ampo” ini  telah menjadi makanan tradisional yang dipercaya masyarakat Tuban dapat menguatkan sistem pencernaan dan dipercaya sebagai obat untuk beberapa macam penyakit.

Tidak ada resep untuk memasak tanah tersebut ungkap Rasima sang penjual ampo. Dia hanya mencari tanah  yang bersih yang bebas dari kerikil kemudian ditumbuk dan dipadatkan. Kemudian mengikisnya dengan stik dan membentuknya seperti gulungan. Kemudian gulungan tersebut dibakar dan diasapi selama 1 jam, dan voila, jadilah snack yang siap dimakan. Rasima biasanya menjualnya ke pasar dan dapat meraih penghasilan Rp20.000,00 setiap harinya.

Tuban mungkin merupakan satu-satunya ‘suku’ di dunia yang memakan tanah. Memang ada orang-orang aneh di dunia yang suka makan pasir, dan benda aneh lainnya. Tapi tidak ada yang memakan tanah panggang. Salah seorang warga Tuban mengatakan bahwa dia sudah memakan ‘ampo’ sejak dia masih kecil dan ‘ampo’ mendinginkan perutnya.

Editor: Prisca Triferna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: